jump to navigation

insomnia April 22, 2010

Posted by sejenaksaja in Uncategorized.
trackback

Hallo teman2..

Pernahkah anda merasakan susah tidur?sehingga terkadang terpikir jalan satu2nya adalah mengkonsumsi obat tidur sebelum tidur?

nah.. jika pernah , bahkan berturut2 sepanjang malam , maka bisa jadi anda mengalami Insomnia

menurut wikipedia ,

Hal ini sering terjadi sebagai akibat dari:

  • Jet lag (terutama jika bepergian dari timur ke barat).
  • Bekerja pada malam hari.
  • Sering berubah-ubah jam kerja.
  • Penggunaan alkohol yang berlebihan.
  • Efek samping obat (kadang-kadang).
  • Kerusakan pada otak (karena ensefalitis, stroke, penyakit Alzheimer).

dan penangkalnya adalah sbb (menurut penulis buku Get a Good Night’s  sleep ,  Katherine Albert, Ph.D.,MD.)

1. Perbanyak makan makanan yang kaya vitamin B, seperti ikan, padi-padian, biji bunga matahari, selada, kacang-kacangan, dan bayam, untuk membantu menetralkan tubuh akibat stres.
2. Perbanyak juga makan makanan yang kaya akan karbohidrat, kayak pisang, pasta, yogurt, kentang, dan oatmeal. Kenapa? Karena karbohidrat bisa membantu tubuh memproduksi serotonin (hormon penyebab tidur)
3. Jangan minum susu dengan lemak banyak (terutama menjelang tidur), karena justru meningkatkan insomnia. Kalo ingin minum  susu, cari yang low fat.
4. Kurangi mengonsumsi makan garam.
5. Terakhir, singkirkan kafein dan alkohol secara total( hmm bisa ngga ya..?? )

semoga membantu ya…

berikut juga gejala “INSOMNIA” dari Craig David .. hehehe

I never thought that I’d fall in love, love, love, love
But it grew from a simple crush, crush, crush, crush
Being without you girl, I was all messed up, up, up, up
When you walked out, said that you’d had enough-nough-nough-nough

Been a fool, girl I know
Didn’t expect this is how things would go
Maybe in time, you’ll change your mind
Now looking back i wish i could rewind

Because i can’t sleep til you’re next to me
No i can’t live without you no more
Oh i stay up til you’re next to me
Til this house feels like it did before
Feels like insomnia ah ah, Feels like insomnia ah ah
Feels like insomnia ah ah, Feels like insomnia ah ah

Remember telling my boys that I’d never fall in love, love, love, love
You used to think I’d never find a girl I could trust, trust, trust, trust
And then you walked into my life and it was all about us, us, us, us
But now I’m sitting here thinking I messed the whole thing up, up, up, up

Been a fool (fool), girl I know (know)
Didn’t expect this is how things would go
Maybe in time (time), you’ll change your mind (mind)
Now looking back i wish i could rewind

Because i can’t sleep til you’re next to me
No i can’t live without you no more (without you no more)
Oh i stay up til you’re next to me (to me)
Til this house feels like it did before (Because it)
Feels like insomnia ah ah, Feels like insomnia ah ah
Feels like insomnia ah ah (Ah), Feels like insomnia ah ah

Ah, i just can’t go to sleep
Cause it feels like I’ve fallen for you
It’s getting way too deep
And i know that it’s love because

I can’t sleep til you’re next to me
No i can’t live without you no more (without you no more)
Oh i stay up til you’re next to me (to me)
Til this house feels like it did before
Feels like insomnia ah ah, Feels like insomnia ah ah
Feels like insomnia ah ah, Feels like insomnia ah ah

Feels like insomnia ah ah, Feels like insomnia ah ah
Feels like insomnia ah ah, Feels like insomnia ah ah

Comments»

1. debhoy - April 22, 2010

bagus tuh lagunya sis ^^
aQ pernah insomnia tp ga sampe minum obat kok…cm butuh temen ngobrol supaya aQ capek dan bisa tidur, hihihihhi

2. didot - April 22, 2010

kalau aku malah kedoyanan tidur,gampang terlelap gimana nih??😀

3. orisogi - April 22, 2010

Owh, thanks ya.. Like it banget dah..

4. hanyanulis - April 23, 2010

Woh, ini kan salah satu kebiasaan saya tiap malam. gara2 punya habit insomnia, saya jadi betap kalo tiap malam cuma tidur 1 ato 2 jam, so kalo nggak bisa tidur malah tambah waktu buat baca2 buku ato blogeran..It’s interest more. ternyata Tuhan menitipkan kekurangan dan kelebihan, itu semua ada maksud dan tujuannya🙂

5. Asop - April 23, 2010

Oh, saya bersyukur sekali belum pernah terkena insomnia. Yang ada malah saya terkena penyakit “ingin tidur”…😆

sejenaksaja - April 28, 2010

Asop : yeeeee .. hahahah kebalik dia..😛

6. Cahya - April 24, 2010

Menghitung domba sebelum tidur lebih baik baik daripada menghitung uang sebelum tidur – bisa membantu mengatasi insomnia…

sejenaksaja - April 28, 2010

Cahya : hehehe betul betul betul..

7. imadewira - April 28, 2010

syukur belum pernah imsomnia, kecuali pas masa2 kasmaran, hahaha

8. mikha_v - May 20, 2010

kalo dari buku kesehatan yang saya baca, penyebab insomnia:

1. Ada cahaya di tempat tidur. Otak baru bisa memproduksi hormon Melatonin (penyebab ngantuk) secara optimal, apabila sedikit cahaya. Jadi, lampu tidur pun sebaiknya tidak perlu dipasang.

2. Terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat/gula malam hari (justru membuat kita cepat lapar. Sehingga, tidur tidak optimal).

3. Tubuh kekurangan karbohidrat (dan ini terjadi pada seorang teman saya yang hendak menguruskan badan. Makan nasi hampir tidak pernah, akibatnya, insomnianya bisa sampai jam 5 subuh baru bisa tidur).

4. Minum air putih di atas jam 8 malam (terbangun tengah malam, karena mau pipisss)

5. Kamar tidur diisi macam2 barang. Kamar tidur yang paling ideal, hanya ada tempat tidur. Sehingga, sebelum tidur, pikiran kita ngga kemana-mana

6. Sirkulasi udara yang kurang bagus

7. Olahraga berat sebelum tidur.

8. Kebiasaan tidur larut malam pun, membuat insomnia😛


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: